Monday, September 26, 2016

Buku Anak-anak Itu...

Baru aja ngeliat rak buku diskonan dan langsung nyomot bukunya Enid Blyton. Lumayan cuma sepuluh ribu. Dari dulu, dari masih pitik, saya suka banget buku-buku karya beliau. Dia itu masternya cerita anak. Ada buku dia yang dulu saya beli di toko buku bekas di kramat jati, isinya kumpulan cerita pendek. Dan entah udah berapa kali saya baca buku itu sampai kertasnya berubah dari krem menjadi coklat mirip warna kue jahe.

Meskipun udah umur segini, nih, udah enggak perlu disebut juga sih umur berapa saya masih excited baca buku anak-anak. Makanya masih beli Trio Detektif, Lima Sekawan, Jennings, STOP, Little Witch.co, dll. 

Paling suka karyanya Enid Blyton sama Ambiru Yasuko. Kalau yang penulis lokal, agak campur aduk, sih. Salah satunya Clara Ng yang kayaknya akhir-akhir ini banting setir jadi penulis cerita anak, padahal sebelumnya beken sama novel-novel metropopnya.
Buku anak-anak berbahasa Jepang. Ini juga unyuu meskipun kadang nyari pesan moralnya harus lebih muter otak

Buku yang aye beli di diskonan. Uhuy...
Bukunya Ambiru Yasuko. Ini unyuu parah! Sukak!

Kenapa sih sampai sekarang saya masih suka banget baca cerita anak?

Di postingan sebelumnya, saya pernah sedikit membahas soal ini. 

Waktu itu saya nulis dua alasan:
1. Bisa langsung habis dibaca, ceritanya sederhana, dan gambarnya unyuuuu
2. Saya kan masih anak-anak  

Wahahaha, meskipun yang nomor dua ngibul banget, tapi secara umur doang kok. Jiwa mah masih anak-anak kayaknya #plaak

Selain itu rasanya ada alasan tambahan, sih. Dulu setelah mulai bisa baca, saya pelan-pelan kenal buku. Awalnya saya cuma mau baca komik yang fullcolor. Lama-lama, karena komik sailormoon yang fullcolor udah bolak-balik saya tamatin, larilah ke komik hitam-putih macam donal bebek, ksatria baja hitam, doraemon, dll. Komik-komik itu pun udah bolak-balik saya tamatin sampe beberapa halaman ada yang sobek (yah namanya juga anak-anak). Lalu larilah ke cerpen-cerpen Bobo, cerpen yang ada di buku-buku bahasa Indonesia, buku cerita rakyat, buku kisah 25 nabi, buku dongeng seluruh dunia. Sayangnya, itu masih belum cukup juga... Dan sayangnya, dulu waktu masih kecil, koleksi buku saya enggak banyak-banyak amat. Ya buku-buku ituuu aja dibaca berulang kali.

Enggak kehitung deh berapa kali Mama saya bilang, "kamu udah berapa puluh kali baca buku itu? Kok enggak bosen-bosen, sih?"

Ya bosen, sih. Sedikit...

Tapi enggak ada buku bacaan lain, gimana dong? Dulu mah boro-boro nyari cerita lewat internet, HP aja baru punya pas SMA. Makanya larinya ke buku terus. Seinget saya, saking seringnya dibaca, sebagian besar komik malah sampai saya hapal dialog-dialognya dan di panel yang bagaimana.

Jadi, alasan lain saya masih suka baca buku anak-anak mungkin karena waktu kecil bacaan saya kurang banyak. Jadinya waktu bisa menghasilkan uang sendiri, agak balas dendam gitu, deh. Haha. 

Lagipula kayak alasan yang pertama, buku anak-anak itu enak banget dibaca. Kalimat-kalimatnya sederhana, pesan moralnya selalu ada dan jelas, dan lucuk. Dan lagi, kan bisa langsung diturunin kalau saya punya anak nanti. Wahahaha. 

Walaupun sekarang melahap banyak buku yang temanya dewasa macam thriller, misteri, psikologi, dan lain-lain gitu, tetep aja buku anak-anak punya tempat sendiri di rak buku saya. Menyenangkan bisa mengingat kembali perasaan excited pas baca buku waktu masih kecil dulu :)

Ini tadinya mau review novel korea seri blood type yang judulnya Marriageable (Mr. AB and Ms. B), tapi belum selesai bacanya gara-gara karakternya banyak yang melenceng dari golongan darahnya. Bingung bacanya, dan gak beres-beres sampe detik ini. Hahahah. Jadi yaudah isi blognya cuma numpang curhat doang, sekalian nostalgia. Uhuy.

2 comments:

  1. Ambirunya minjem dong, Sang!
    #minjemmuluk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minjem muluk ente, balikin dulu yang sekarang lagi dipinjem :v
      Lagian bukunya masih ada di box. Nanti aja nunggu aye pindahan lagi...

      Delete