Monday, March 14, 2016

[REVIEW] Tiga Sandera Terakhir


Tiga Sandera Terakhir karya Brahmanto Anindito ini membuat saya baca pelan-pelan sambil menikmati segala adegan yang ada di bukunya. Karena buku ini terlalu seru untuk di-skimming!

Pisang: Jadi biasanya kalau baca buku suka skimming? *menatap curiga*

Ya enggak gituuuu….

Iya oke, kadang-kadang, sih. Kalau deskripsinya terlalu membosankan atau enggak terlalu penting.
Kalo buku bagus itu, rasanya pengin cepet-cepet diselesein tapi enggak pengin cepet selesai juga. Sesama bibliophile pasti paham deh perasaan itu…

Pisang: Ah, perasaan situ doang…

Ishh… udah diem aja, deh. Ini saya mau review dulu bukunya. *lempar pisang ke freezer*

Pisang: EY! JANGAN DILEMPAR KE FREEZER DONG! NANTI AKU YANG LEMBUT INI JADI KERAS!! GA ADA YANG MAU MAKAAAANN!!

*gak denger… gak denger*

Jadi, di awal buku ini dikisahkan turis lokal dan internasional yang disandera oleh pihak OPM (Organisasi Papua Merdeka). Tujuan OPM menyandera kelima orang itu adalah untuk mengancam NKRI agar memberikan kemerdekaan untuk rakyat Papua, yang tentu saja kalaupun harus perang, gak akan dikabulin.

Kemudian yang harus menyelesaikan konflik ini adalah satuan TNI di bawah pimpinan Larung Nusa. Misi yang sangat berat karena musuh bersembunyi di gunung dan hutan, sementara pihak TNI tidak memiliki peta yang memadai.

Dari awal cerita ini serius banget, sumpah. Makanya enggak nyangka kalau di tengah-tengah cerita mendadak ada lawaknya :))

Marilah kita undang pelawak kondang dalam novel ini kemari. Jeng jeng! SERTU ANAM!!
*keplok keplok keplok*

Sertu Anam: Makasih…makasih… *bungkuk badan* Ngomong-ngomong, sepi ya di sini…

Saya: Iya maaf, blognya jarang di update soalnya *mendadak merasa bersalah*

Sertu Anam: Gapapa…gapapa…sekarang ada saya yang nemenin, kan? *senyum malaikat*

Saya: *pingsan*

Sertu Anam: Loh! Eh! Mbak bangun mbak. Pingsannya nanti aja kalau wawancaranya udah selesai.

Saya: Eh iya… Oke, kita ke pertanyaan pertama. Jadi, anda adalah Sertu Anam yang akhirnya berhadapan langsung dengan Enkaeri, pimpinan musuh? Padahal kan mukanya dia serem, kenapa situ berani banget bercandain dia?

Sertu Anam: Hahahaha. Soal itu toh? Gini loh, mbak, dia kan mukanya serem, entah kenapa saya jadi penasaran mukanya waktu senyum atau ketawa ngakak gimana. Tapi pas saya ngelawak malah ditempeleng. “TRA USAH KO CANDA-CANDA! TRA LUCU!!” katanya gitu…

Saya: Ya situ sih… gelo…

Sertu Anam: Lah, emangnya mbak pas baca enggak penasaran?

Saya: Errr… penasaran sih.

Sertu Anam: KANN!?

Saya: Iya udah, kita kembali ke topik. Jadi, bagaimana kesannya ketemu sama bapak Enkaeri?

Sertu Anam: Dia bukan calon suami yang baik…

Saya: Loh!! Emangnya situ lagi nyari mantu? Bukannya masih jomblo?

Sertu Anam: Ih….mbaknya ga bisa diajak bercanda….

Saya: ….

Sertu Anam: Mbak kan udah baca novelnya sampe abis. Taulah dia orangnya gimana. Galak, emosian, tapi badannya kayak tembok besi, susah dilawan. Oh iya sampe lupa…. Dia PENDEK.

Enkaeri: HEH!!! KO MACAM-MACAM SAMA SA!? MAU SA KIRIM KE NERAKA KO!?

Sertu Anam: *kabur*

Saya: ….

Enkaeri: ….

Saya: Err… halo bapak… sehat?

Enkaeri: AWAS KO KALO TULIS JELEK-JELEK TENTANG SA!!! *terus pulang*

Ihhh…galaaaakkk…
Wawancaranya diudahin aja, deh. Maaf kalo reviewnya gak jelas.

Larung Nusa: Harusnya saya yang diwawancara dong, mbak. Kan saya tokoh utamanya…. *muncul tiba-tiba*

Saya: KENAPA SIH INI ORANG-ORANG BISA MENGHILANG DAN MUNCUL SEENAKNYA!?

Larung Nusa: Keajaiban….

Saya: ….

Larung Nusa: Nah, kalo say amah gak perlu ditanya untuk jawab. Saya langsung jelasin aja isi novel ini deh. Jadi, saya Larung Nusa, adalah jenderal TNI yang saking hebatnya dikasih kepercayaan untuk mengatasi masalah OPM ini. Padahal saya masih muda, loh. Tapi karena orang-orang bergantung sama saya, apa boleh buat. Toh memang tugas saya mengabdi untuk negara. Jadilah saya bertolak ke Papua untuk melakukan negosiasi dengan pihak penyandera. Sayangnya mereka adalah orang-orang yang ga bisa diajak ngomong, jadi kami terpaksa angkat senjata. Satu sandera tewas, namun yang lainnya berhasil selamat. Pihak TNI mengalami kerugian, dua orang hilang entah tewas entah disandera. Gara-gara itu saya diskors. Padahal kan sandera lain SELAMAT!! Kok saya gak dikasih selamat!? Terus saya malah diskors. Tapiiii…. Kejadian tidak berakhir di situ. Ternyata pimpinan saya berbicara diam-diam dengan saya mengenai *PIIIIIIP* lalu menawarkan *PIIIIIIP* dengan *PIIIIPPP* sampai akhirnya *PIIIIIIIIIP* *PIIIIIIIIIP* *PIIIIIIIIIP* PIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIPPPPPPPPPPPPPPPP!!!!!

Larung Nusa: LAH INI KOK DISENSOR SEMUA!??

Saya: SPOILER WOIII! SPOILEEEEEEEEEEEEEEEEEER!!! UDAH DEH BAPAK PULANG AJA KE HARIBAAN!! MENGACAU AJA BISANYA!

Yak, meski review ini menyerempet spoiler sedikit, pokoknya buku ini layak baca banget untuk penggemar-penggemar thriller di luar sana. Misterinya dapet, thrillernya apalagi, ada bumbu lawak juga jadi nilai tambah. Deskripsi adegannya ringan, jadi bisa langsung kebayang gimana kejadiannya. Budaya dan logat Papuanya kental banget, researchnya juga keliatan gak main-main. Datanya oke nian lah pokoknya. INI LAYAK BANGET JADI FILM LAYAR LEBAR DEH POKOKNYA!!!

3 comments:

  1. Inilah uniknya review di blog, suka-suka :D

    ReplyDelete
  2. How the game made me sick. My brain says 'no' is my favorite
    I played it for about two 충청북도 출장마사지 hours in 경기도 출장샵 a row 과천 출장마사지 and 남원 출장샵 that's not what I loved it most,” he said. but then I just don't really understand 1xbet login

    ReplyDelete