Tuesday, April 1, 2014

Badut Oyen (Gramedia Writing Project)



Badut Oyen adalah novel hasil Gramedia Writing Project yang ditulis oleh tiga pengarang, yakni Marisa Jaya, Dwi Ratih Ramadhani, dan Rizky Noviyanti. Review lengkap ala orang bener akan saya simpan untuk goodreads aja nanti. Di blog ini saya ingin meminta Pisang Aneh Tapi Unyu (PAKU) untuk wawancara langsung dengan karakter utama, OYEN!!
Saya pisang unyu, nggak pake aneh....



PAKU: Oke pak Oyen, jadi anda tokoh utama novel ini, benar?

Oyen: Benar sekali

PAKU: Bisa ceritakan sedikit tentang apa sebenarnya novel ini?

Oyen: Oh ya ya, bisa. Jadi novel ini bercerita tentang kisah saya sebagai penghibur anak-anak dengan menjadi badut yang ceria, menggemaskan, baik hati, dan rajin menabung

PAKU: Ceria? Tapi kok covernya euh....nggak terkesan begitu?

Oyen: Ya ya, maksud saya awalnya kisah yang ceria. Eh sebentar, di prolognya saya udah jadi mayat, sih. Ah, tapi di chapter 1 saya masih hidup kok, dan masih ceria, dan menggemaskan, dan baik hati, dan....

PAKU: Oke, stop. Lalu, apa yang terjadi dengan keceriaan anda yang berlebihan itu?

Oyen: Ah, saya nggak ceria berlebihan, kok. Saya selalu senyum. Soalnya kalau ada anak-anak yang lihat saya murung, kan imej saya sebagai badut ceria jadi hilang

PAKU: Semua anak-anak suka pak Oyen? Sebagai badut?

Oyen: Iya dong! Anak-anak sukaaaa sekali sama karakter saya sebagai badut.

PAKU: Oke, anggap saja anak-anak di kampung bapak agak aneh karena nggak ada satu pun yang takut badut meski secara survei, banyak juga anak yang takut badut. Pertanyaan selanjutnya, apa konflik dalam novel ini yang membuat orang-orang harus baca?

Oyen: Ya itu tadi. Saya mati dibunuh, dek. DIBUNUH!! (dengan nada dramatis) Tapi di awal cerita dikisahkan kalau saya terkesan mati gantung diri. Nggak mungkin kan saya, orang yang selalu optimistis ini bunuh diri? Duh, ada-ada aja....

PAKU: Setelah anda ditemukan gantung diri....

Oyen: DIBUNUH!!

PAKU: Iyaaaa.... itu kan baru ketauan nanti..... maksudnya setelah itu, apa yang terjadi?

Oyen: Spoiler nggak apa-apa nih?

PAKU: Nggak apa-apa. Siapa juga sih yang mau baca blog ini?

Saya: HEH!!!

PAKU: Ups....

PAKU: Ehem....oke, lanjut.

Oyen: Setelah itu ada kejadian mengerikan di kampung. Arwah Badut Oyen membalas dendam!!! (dengan nada dramatis, zoom in, zoom out)

PAKU: Bapak yakin sebenernya bukan artis sinetron gagal atau semacamnya?

Oyen: Bukan, saya badut yang ceria, menggemaskan, baik hati....

PAKU: Udah woii!! Lagian itu nggak spoiler, kan udah ada di sinopsisnya

Oyen: Maaf.... Nah, kalo ini spoiler beneran. Jadi arwah saya gentayangan. Padahal saya cuma mau main sama anak-anak, tapi mereka semua jadi takut sama saya.....

PAKU: Sori nih pak, cuma mau ngingetin, situ kan udah jadi hantu..... anak mana yang nggak takut diajak main sama hantu?
Ah, anak di film Casper sih lain cerita.

Oyen: Biar hantu, tapi kan wujud saya masih sama, jadi badut. Kok mereka takut sih?

PAKU: PAK, HANTU BADUT ITU MALAH 100 KALI LEBIH SEREM DARI HANTU LAIN, TAUKK!!

Oyen: Oh, gitu toh.... (pundung)

PAKU: Oke, lanjut ke pertanyaan penting. Pak Oyen kan katanya di bunuh. Kenapa setelah jadi hantu, fokus bapak malah ngajak main anak-anak kampung? Kenapa bapak nggak ngasih tau seseorang di kampung soal pembunuh bapak?

Oyen: .......

(beberapa detik kemudian)

Oyen: Oh iya ya!! Saya lupa!!

PAKU: Duh.....

PAKU: Gara-gara pak Oyen hilang fokus, pembunuh sebenarnya malah bunuh-bunuhin orang-orang lain tanpa bisa dihentikan. Paham nggak salahnya bapak di mana?

Oyen: Paham dek pisang, paham.... Ya maklum, saya kan nggak pinter-pinter amat....

PAKU: Oke deh kalau udah paham. Saya mau tanya pertanyaan penting lainnya. Pak Oyen mati digantung dengan tali, rentenir jahat yang ngasarin Pak Oyen dibunuh dengan dipukul patung kayu, salah satu anak kampung dibunuh degan dipukul bertubi-tubi..... kira-kira paham nggak apa yang aneh?

Oyen: Duh.... maaf nih dek. Saya nggak paham apa yang aneh.

PAKU: Hhhh.... coba liat cover novelnya. Ada badut, entah Pak Oyen atau pembunuh yang nyamar jadi bapak, megang palu berlumuran darah. Itu palu buat apaan dong kalau pembunuhanya nggak ada yang pake palu? Bapak tau nggak, gara-gara cover itu si pemilik blog ini beli novel bapak. Tapi harapannya pupus begitu tau ternyata nggak ada pembunuhan pake palu..... kasian dia pak....di-PHP-in sama novel bapak.....

Oyen: Dek, tau yang namanya properti cover nggak? Palu itu cuma untuk properti aja biar lebih terkesan sadis.... Itu yang netes dari palu juga bukan darah. Itu air. Soalnya rumah saya kan kebanjiran, jadi palunya juga ikut basah. Kebetulan aja semua siluetnya dibikin warna merah. Soalnya saya suka warna merah.

PAKU: Peduli amat situ suka warna apa....tanggung jawab Pak....pemilik blog ini kecewa lho pak....

Oyen: Aaah....itu kan karena dia berharap terlalu banyak. Lagian berharapnya sadis banget, dibunuh pake palu. Dia sakit atau apa? (sambil nusuk-nusuk pelipis pake ujung telunjuk)

Saya: WOOOII!!UDAH WOOOIII!!!

Karena wawancara ini mengarah ke arah yang salah.... mari kita hentikan di sini. Ah, sebagai penutup, saya mau bilang ke Pak Oyen. Seharusnya Pak Oyen nggak usah muncul sebagai hantu setelah mati. Ceritanya akan jadi lebih seram. Karena manusia itu terkadang jauh lebih menakutkan daripada hantu.

Sekian....

Oyen: Ah.... itu kan kata situ doang

Udah, ah!!!

1 comment: